Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)

Seminggu lebih di Bandung (sambil menjenguk anak istri sekolah) saya bisa fokus menggarap business plan perusahaan software baru yang akan saya dirikan. Terus terang untuk membuat business plan ini saya dengan cara otodidak dengan banyak mengambil referensi dari buku dan majalah bisnis. Ternyata lumayan rumit ya untuk orang Informatika seperti saya. Tapi setelah terbiasa dengan banyak istilah ditambah dengan rajin mengikuti perkembangan bisnis di tanah air saya “agak” bisa membuat sebuah business plan walaupun mungkin kalau direview oleh para pakar bisnis mungkin “diketawain”. Tanggal 1 Mei kemarin ditelpon kampus (pak Eko Aribowo) bahwa tanggal 2 Mei sudah harus di Jogja untuk berangkat studi banding Program Studi Teknik Informatika UAD ke ITS, UK Petra (Surabaya), UMM (Malang) dan PT Balisoft Lintasmedia (Bali). Ya udah akhirnya business plan-nya diteruskan ketika dalam perjalanan saja deh…

Tulisan ini dipublikasikan di Bisnis. Tandai permalink.

17 Balasan ke Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)

  1. moony_ berkata:

    mas ardianyah boleh saya minta tips-tips membuat bisnis plan yang menyenaangkan,sederhana,efektif dan efisien?karena seringkali saya membaca panduan membuat bisnis plan cukup rumit dan membuat saya malas untuk memulainya. terimakasih.

  2. Ardiansyah berkata:

    # moony
    Caranya buat saja dulu catatan-catatan yang diperlukan ketika itu terlintas di otak kita. Misalnya, waktu produksi produk, langsung aja survei tempat pengemasan, percetakan dan finishing. Untuk menjualnya, langsung aja survei mall, counter/toko, dll. Tapi memang yg lebih enak urut sih cara kerjanya. Insya allah akan saya share pengalaman saya pribadi dalam membuat busines plan.

  3. king berkata:

    tolong dong kasi tahap-tahap perencanaan bisnis scr umum dan rinci

  4. rahamtullah berkata:

    saya butuh perencanaan bisnis yang jitu……..

  5. wiroo berkata:

    kunjungi http://www.intanberlian.com
    dapatkan info lengkap tentang berlian

  6. asih berkata:

    klo gk keberatan, tlng ksh contoh bisnis plan.krm ke email sy di miss_semangat@yahoo.co.id
    thxb4 n ditunggu blsnnya.

  7. Auguster Sinaga berkata:

    Tolong dong, berikan saya contoh membuat Business Plan.

  8. d61103032 berkata:

    Kenalkan saya willy.blog saya mengenai finance and investment.
    Kirfa-kira topik-topik apa saja yang harus saya postingkan dengan tema finance and investment?
    Ada nda saran untuk saya mengenai cara mendapatkan topik-topik tersebut?

    http://d61103032.wordpress.com

  9. d61103032 berkata:

    kenalkan saya willy, sengaja menggunakan lacakbalik agar blog saya mudah terindeks di google.
    oh ya kunjungi dong blog saya di

    http://d61103032.wordpress.com

    trims, salam semangat.

  10. hari guna berkata:

    pak…saya alumni uad,,skrg lg studi S2 m.kom d jakarta,,klo ada contoh bisnis plan tolong di email kesaya dunk…soale ada tugas tuh..
    thks u

  11. bunga berkata:

    hei teman-teman semua…………….
    kirimin gw bisnis plan donk!!!!!!!!!!!!!!!!!
    gw da tgs ne……………..
    klo da krmin ke e-mail bunga.cantika55@yahoo.com
    aku tggu ya.
    thank’s

  12. okta very berkata:

    mas bagaimana caranya membuat bisnis plan untuk membangun usaha ataou industri baru

  13. andrew berkata:

    Tolong dong, berikan saya contoh membuat Business Plan.
    Balas kirim ke email saya ndw_tan@yahoo.com

  14. Eiji Iwase berkata:

    pak tolong dong kasih saya petunjuk membuat bisnis plan, saya lg ada tugas ne dari kampus, membuat research proyek,, bingung………..!!!!!!!!!!!!!

  15. Liana berkata:

    saya berencana memulai bisnis. bagaimana contohnya bisnis plan.

Berikan Balasan

