Kontribusi Finansial Pebisnis Software pada Open Source

Maraknya penggunaan development tools yang berbasis open source oleh perusahaan-perusahaan software menjadi salah satu trigger semakin populernya software open source. Sebagai contoh paket LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) merupakan paket yang sudah lazim digunakan perusahaan software house dalam mengerjakan berbagai proyek software. Pemilihan paket tersebut bukan tanpa alasan, selain nyaris bebas biaya lisensi, alasan kemudahan bekerja di lingkungan network menjadi pilihan utama juga. Hasilnya produk software tersebut bisa dijual dengan harga jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Tetapi ada satu hal yang mengusik saya, bahwa sampai saat ini saya belum melihat atau membaca berita tentang kontribusi finansial perusahaan software kepada perusahaan/komunitas yang membuat software open source tersebut. Padahak kalau kita perhatikan di beberapa situs mereka biasanya terdapat link bertuliskan Make Donation yang artinya bagaimana para pengguna software mereka dapat memberikan semacam “sumbangan sukarela” karena telah menggunakan software mereka.

Sebenarnya bagi perusahaan software yang kerap memperoleh proyek pembuatan software, saya rasa tidak terlalu memberatkan kiranya bila membuat kebijakan untuk memberikan “sumbangan sukarela” tersebut sekitar beberapa persen dari pendapatan mereka. Toh apabila kesadaran semacam ini tumbuh di kalangan perusahaan-perusahaan software tentu saja turut membantu perkembangan software open source secara keseluruhan.

Pos ini dipublikasikan di Open Source, Software. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s