Jaman Laptop Sudah Tiba

Salah satu perangat wajib yang harus dimiliki oleh mahasiswa yang kuliah di jurusan TI (Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Elektro) adalah komputer, karena terlihat aneh kalau mahasiswa kuliah di bidang TI tidak memiliki komputer dan ini tentu seharusnya juga sudah disadari oleh para orang tua ketika menyekolahkan anak-anaknya kuliah di jurusan TI. Tanpa adanya komputer maka sudah dapat dipastikan si mahasiswa bakal kesulitan dalam melakukan kuliah terutama yang berhubungan dengan pemrograman.
Bila dulu mayoritas PC menjadi perangkat komputer utama yang digunakan, maka seiring dengan semakin murahnya harga laptop membuat perangkat ini sudah hampir hampir
dipastikan menggusur PC.
Bagi para mahasiswa baru/lama atau pun calon mahasiswa di bidang TI saya sangat menyarankan agar kalian mulai menggunakan laptop. Dari hasil studi banding kami kemaring ke UMM Malang di jurusan teknik informatika ternyata pihak kampus mewajibkan agar mahasiswanya memiliki laptop dan ini disampaikan langsung oleh Rektor di setiap acara penyambutan mahasiswa baru kepada orang tua yang hadir mengantarkan mahasiswanya kuliah di UMM. Hasilnya cukup memuaskan, saat ini 50% mahasiswa teknik informatika UMM Malang sudah memiliki laptop.
Sebenarnya cara serupa sudah banyak dilakukan oleh perguruan tinggi lain yaitu setiap mahasiswa masuk akan mendapatkan laptop, tentu saja tidak gratis. Karena kemungkinan besar sudah include dalam biaya masuk kuliah.

Ada beberapa kelebilan kalau menggunakan laptop :
1. Praktis, karena bisa dibawa ke mana saja, termasuk ke lab untuk praktikum atau ke ruang kelas untuk mencatat penjelasan kulian dari dosen.
2. Ringan dan mini, bobotnya yang sangat ringan dan ukurannya yang jauh lebih kecil di banding PC membuat laptop sangat ringan di bawa dan mudah diletakkan di mana saja, sehingga tidak memakan ruang yang banyak dan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang sedang kos, karena bisa menghemat tempat.
3. Harga cenderung turun, ini menjadi kesempatan besar agar semua mahasiswa dapat memiliki laptop.

Tidak hanya “menggusur” PC, gelombang laptop juga menghantam laboratorium di universitas. Tapi gelombang ini membawa manfaat tersendiri bagi universitas.
Bila menilik perangat komputer di lab yang kebanyakan menggunakan PC maka bila para mahasiswa sudah memiliki laptop sendiri, otomatis universitas tidak perlu lagi investasi
PC di masa mendatang, cukup menyediakan meja dan kursi serta perangat networking (wireless, hot spot, kabel, dll). Selain berarti menekan pengeluaran, biaya pemeliharaan dan upgrade perangkat PC bisa ditekan hampir 100%.

Pos ini dipublikasikan di Fenomena. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s