Studi Banding Dosen Teknik Informatika UAD 2007

Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) setiap tahun memiliki anggaran untuk melakukan kegiatan studi banding/kunjungan industri. Untuk tahun ini kami melakukan studi banding ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), ITS, Universitas Kristen Petra dan PT. Balisoft Lintas Media.
Adapun tujuan dan sasaran studi banding kali ini adalah untuk melihat sistem kurikulum di perguruan tinggi tersebut, manajemen program studi, mahasiswa, kesesuaian antara kurikulum/output mahasiswa dengan kebutuhan dunia kerja/perusahaan. Secara keseluruhan studi banding kali ini dibagi menjadi dua tim, tim Barat dan tim Timur. Tim Barat studi banding ke Bandung dan Jakarta dan tim Timur ke Surabaya, Malang, Bali dengan anggota Eko Aribowo, Wahyu Pujiyono, Ali Tarmuji dan saya sendiri.

Perjalanan Studi Banding
Dengan menyewa mobil Isuzu Panther LS kami memutuskan berangat pada tanggal 2 Mei pukul 22.00 WIB agar bisa sampai di Surabaya kira-kira subuh dini hari.
Kami tiba di Surabaya sesuai dengan rencana, lalu sholat subuh di dekat Sucofindo yang ternyata tidak terlalu jauh dengan kampus UK Petra. Selesai sarapan kami mengunjungi tempat pertama yaitu kampus UK Petra. Setibanya di UK Petra kira-kira pukul 07.45 WIB, kami disambut oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri bapak Dr. Eng. Rolly Intan.
Di UK Petra kami mendapatkan beberapa informasi antara lain :
1. Ketua program studi dipilih oleh pihak universitas dengan tetap memperhatikan aspirasi dari dosen.
2. Kelompok-kelompok studi mahasiswa di bidang informatika hampir tidak ada.
3. Beberapa mata kuliah dasar sudah sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris.
4. Ketika presentasi pendadaran sudah menggunakan bahasa Inggris.
5. Dosen diberikan insentif yang lumayan tinggi bila berhasil memasukkan karya ilmiahnya di jurnal yang berkelas baik di dalam atau luar negeri.
6. Sudah menjalin kerjasama sertifikasi Cisco Networking Academy.
kampus UK Petra memiliki lahan parkir mobil yang sangat luas seluas stadion sepakbola. Tapi sayangnya area hotspot di UK Petra sangat jarang/terbatas.

Sekitar pukul 11.00 WIB kami pamit dari UK Petra untuk selanjutnya menuju kampus ITS di Sukolilo. Di sini kami disambut dengna hangat oleh staf dosen di jurusan Teknik informatika dan sistem informasi. Adapun beberapa informasi yang kami dapatkan adalah :
1. Program studi sistem informasi yang baru berdiri empat tahun sudah berhasil memperoleh akreditasi A.
2. ITS sudah memiliki Fakultas Teknologi Informasi yang terdiri dari jurusan teknik informatika dan sistem informasi.
3. ITS saat ini sedang membangun gedung khusus untuk Fakultas Teknologi Informasi yang sebagian besar dananya dari internal.
4. Saat ini ITS sedang mencoba menerapkan model pembelajaran Virtual Class yang dapat melakukan proses belajar mengajar secara paralel antara dosen dan mahasiswa, sehingga dosen dan mahasiswa dapat melakukan proses belajar di mana saja.
5. Kelompok studi di mahasiswa dibentuk oleh mahasiswa sendiri dan kampus memfasilitasi kebutuhan mahasiswa tersebut.
6. Program studi sistem informasi berhasil meraih ITS Management Award sebagai program studi yang dikelola dengan baik.
7. Dari segi kurikulum program studi sistem informasi sudah sangat lengkap dengan mengakomodasi mata kuliah yang diterapkan di industri seperti Audit TI, ERP, SCM, CRM.

Sayangnya kunjungan kami ke ITS kurang optimal, karena pada waktu yang sama di fakultas tersebut sekitar pukul 13.00 harus melaksanakan rapat senat fakultas terkait dengan rencana pergantian dekannya. Sehingga selama di sana kami hanya ditemani satu dua dosen. Di ITS kami dijamu makan siang. Sekitar pukul 15.30 WIB kami mohon pamit untuk menuju Malang. Kami tiba ke Malang sekitar pukul 19.00 WIB dan mencari penginapan di daerah Batu. Sengaja kami memilih di lokasi wisata agar bisa merasakan suasana sejuk nan indah di Malang. Setelah shalat dan mandi lantas kami mencari rumah makan karena sudah sangat lapar. Akhirnya kami menemukan rumah makan yang menyajikan menu nasi kebuli. Selesai makan dan mengisi bahan bakar penuh, kami balik ke penginapan untuk tidur karena sudah pada
capek dan mengantuk.
Suasana di pagi hari di Batu Malang sangat indah dan sejuk, kami benar-benar menikmatinya. Setelah mandi dan sarapan kami sekalian check out dan menuju kampus UMM. Di UMM kami disambut oleh jajaran dekan dan dosen di fakultas teknik. Kami tidak merasa canggung di sini, mungkin karena seperti keluarga sendiri yaitu keluarga besar Muhammadiyah.
Beberapa informasi yang kami peroleh di UMM :
1. Pogram studi teknik informatika masih sangat muda yaitu baru dua tahun
2. Mahasiswa teknik informatika diwajibkan memiliki laptop sendiri.
3. Modul praktikum dibuat dalam bentuk file dan dibagikan gratis kepada mahasiswa.
4. Sudah menjalin kerjasama sertifikasi seperti Sun Academy, dan Oracle.
5. Kelompok studi tumbuh dengan pesat dan didukung penuh oleh kampus.
Selesai dari UMM pukul 11.25 WIB kami langsung meluncur ke Denpasar Bali untuk berkunjung ke PT Balisoft Lintas Media tanggal 5 Mei. Perjalanan kami lewati dengan lancar sehingga sesuai perkiraan kami tiba di penyeberangan Ketapang, Banyuwangi persis sesudah Maghrib.
Suasana penyeberangan sangat sepi, hanya beberapa bis/truk dan mobil pribadi saja yang menyeberang ke Gilimanuk. Waktu tempuh penyeberangan pun sangat singkat tidak sampai 30 menit.
Setelah sampai di Bali, kami melanjutkan perjalanan ke Kuta tepatnya bandara Ngurah Rai karena mau menjemput istri pak Eko yang mendadak menyusul dari Yogyakarta naik penerbangan terakhir (wah sekalian bulan madu nih….pak…)
Sampai di bandara sekitar pukul 00.00 WITA. Karena belum makan maka kami makan malam eh dini hari dengan menu seafood yang enak sekali.
Kami kembali menuju Denpasar untuk mencari penginapan yang tidak terlalu jauh dari PT Balisoft. Akhirnya kami mendapatkan penginapan yang murah di tengah kota. Pagi tanggal 5 Mei sesuai jadwal kami menuju PT Balisoft yang beralamat di Jl. Buluh Indah 50 A. Memang sempat kesulitan mencari tempatnya karena kita tidak paham jalan di Denpasar.
Setibanya di PT Balisoft kami disambut dengan hangat oleh jajaran karyawan dan pimpinan PT Balisoft yang sudah berdiri sejak tahun 1985 ini. Bapak Sandy Kurnia selaku pimpinan PT Balisoft langsung menyambut dan melayani rombongan kami.
Beberapa informasi yang kami peroleh :
1. Selain ijazah S1 mahasiswa harus melengkapi juga dengan sertifikat yang menunjukkan skill yang ia miliki.
2. Kampus selayaknya mengembangan unit profit sendiri (perusahaan) yang dipimpin oleh seorang profesional, sehingga staf dosen dan mahasiswa dapat terlibat dalam proyek yang memerlukan skill dari dosen/mahasiswa tersebut.
3. Menciptakan suasana kompetitif sehingga menghasilkan lulusan yang hard worker.
4. Pada prinsipnya para perusahaan tidak terlalu membutuhkan lulusan yang pintar tetapi yang siap bekerja keras, adaptif, dan haus belajar.
Sekitar pukul 12.15 WITA kami pamit dari Balisoft dan tibalah kami pada agenda terakhir yaitu berkunjung ke pantai Kuta dan Tanah Lot. Sesampainya di pantai Kuta di waktu siang hari ternyata sangat tidak nyaman bagi kami, mungkin bagi para bule-bule yang hobi berjemur tersebut malah justru nikmat. Kesan saya terhadap pantai Kuta tidak terlalu “heboh” seperti yang sering diberitakan selama ini. Tapi untuk Tanah Lot memberikan kesan tersendiri buat saya. Dari Tanah Lot rencananya kami mau ke Bedugul, tapi karena waktu sudah hampir jam lima sore, terpaksa kami batalkan. Setelah sholat dan makan kami langsung meluncur pulang ke Yogyakarta. Kami sampai di Ketapang, Banyuwangi pukul 20.30 WIB dan tiba di Yogyakarta tanggal 6 pukul 11.00 WIB.

Konklusi
Secara keseluruhan studi banding kali ini cukup memuaskan, karena dari kegiatan ini kami dapat mengetahui berbagai informasi penting yang kami perlukan demi kemajuan program studi teknik informatika secara khusus dan UAD secara umum. Laporan lengkap studi banding ini akan kami sampaikan pada rapat program studi besok Jum’at tanggal 11 Mei. Sampai jumpa pada studi banding berikutnya…

Pos ini dipublikasikan di Education, Events. Tandai permalink.

4 Balasan ke Studi Banding Dosen Teknik Informatika UAD 2007

  1. Ping balik: Catatan Perjalanan Ke Surabaya-Malang-Bali dengan Menggunakan Mobil Pribadi « Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s