Kubuntu yang Sangat Menantang

Laptop PIKSI

Alhamdulilah, sesuai dengan rencana akhirnya saya berhasil menginstall Kubuntu di komputer kantor dan laptop Piksi. Dari pengalaman instalasi tersebut saya Kubuntu memang masih perlu banyak “dipoles” agar bisa benar-benar ready untuk desktop bagi end user. Secara default memang Kubuntu tidak bisa memutar film berekstensi .DAT dan lagu MP3, menggunakan web browser Mozilla, program download manager, chatting dengan Yahoo Messenger. Padahal kita ketahui bersama, mayoritas pengguna komputer desktop saat ini paling banyak menggunakan aplikasi-aplikasi di atas.

Di sinilah letak tantangan kita (saya tujukan bagi KSL & OSRG UAD), bagaimana caranya agar bisa “mendandani” Kubuntu ke depan agar bisa menjalankan program-program yang sudah menjadi “darah daging” bagi para pengguna desktop tersebut. Selama instalasi tersebut saya sudah membuat beberapa catatan apa saja yang harus kita kembangkan pada Kubuntu dan kesan saya sangat banyak yang harus kita kembangkan kelak. Oleh karena itu ayo, kita belajar dan ngoprek lebih keras lagi…

Pos ini dipublikasikan di Free Software, Linux, Open Source, Software, Ubuntu. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

