Dahsyatnya Sebuah Visi dan Mimpi (Catatan Buku : Bill Gates Berbicara)

bill-gates.jpg

Suatu saat nanti seluruh rumah di dunia ini akan menggunakan komputer dan Windows menjadi sistem operasinya“–Bill Gates

Itulah mimpi seorang anak muda waktu itu yang bernama Bill Gates. Ternyata sekarang mimpi itu telah menjadi kenyataan yang tak terbantahkan. Dulu mungkin banyak yang meremehkan mimpi Mr. Gates tersebut, tapi sekarang semua orang berlomba-lomba untuk menginstall komputer/laptop mereka dengan Windows dan telah menjadikan Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia bertahun-tahun dan menjadi penguasa tunggal industri software terutama di bidang sistem operasi.

Di sinilah kekuatan sebuah visi dan mimpi Bill Gates yang dibayar dengan kerja keras tanpa henti dan bahkan hampir “menghalalkan” segala cara untuk meraih impiannya tersebut. Selain workaholic, pintar, egois, rakus, sifat baik-jahat, lembut-kasar, dan berbagai sifat berlawanan lainnya hampir di miliki pria yang berpenampilan sederhana ini, Bill Gates sangat pintar bagaimana melumpuhkan saingan beratnya, dan bagaimana mengejar ketertinggalan perusahaannya. Lihat saja Novell dan Netscape menjadi contoh nyata korban keganasan Microsoft di bidang networking dan Internet. Banyak lagi korban lain seperti Lotus, IBM, dll.

“Anda boleh mencintainya (Bill Gates), atau membencinya. Tapi Anda tidak mungkin mengabaikannya”

Bill Gates mampu menjadi seorang ilmuwan komputer, entrepreneur, pemasar ulung, negosiator handal, dan panglima nan gagah di medan perang IT. Nah, di sinilah saya melihat kekurangan kita dalam hal industri software. Kita baru sebatas mampu membuat sebuah produk software tetapi belum mampu memasarkannya menjadi sebuah produk global. Kita belum memiliki seseorang atau perusahaan yang menjadi ikon dalam industri software, dan ini terus menjadi pekerjaan rumah kita untuk mewujudkannya. Karena kita ketahui bersama bahwa tumbuhnya industri IT/software di Amerika, India yang menjelma menjadi menjadi raksasa karena sebelumnya mereka telah memiliki ikon-ikon sukses yang menginspirasi para anak muda di sana untuk mengikuti jejak para ikon tersebut.

Satu lagi yang saya ambil dari buku tersebut adalah Microsoft memang sangat fokus bagaimana membuat software yang benar-benar mengerti keinginan konsumen akan kemudahan. Walaupun banyak orang mungkin merasa produk Microsoft tidak terlalu canggih dan kita bisa juga membuat produk seperti ini, tetapi tetap saja harus kita mengakui Bill Gates mampu mengemas produknya sedemikian rupa sehingga menjadi komoditi global yang menguasai hajat hidup orang banyak.

Kehadiran open source software dengan GNU/Linux sebagai gerbong utamanya, memang sedikit banyak telah mengganggu bisnis Microsoft. Saya yakin Bill Gates dan Microsoft pasti telah menyiapkan strategi khusus untuk mengenyahkan GNU/Linux dari kancah industri software. Bila selama ini Microsoft bertarung pada arena pertempuran yang sama yaitu area bisnis software yang lawan-lawannya adalah para perusahaan juga. Maka dengan adanya open source dan GNU/Linux, maka Microsoft memasuki arena pertempuran baru yaitu melawan yang namanya komunitas yang tidak memiliki CEO dan manajemen perusahaan profesional, sehingga kelihatan absurd. Di sinilah kita bisa melihat pertempuran sengit bagaimana Bill Gates vs Komunitas (yang disokong beberapa vendor) yang akan berlangsung lama dan belum tahu siapa pemenangnya.

Note :

    • Mencari Model dan Format Bisnis Open Source yang Ideal
    • Arif Dalam Menyikapi dan Memanfaatkan Teknologi Informasi
    • Menggagas Model dan Format Manajemen Organisasi Kelompok Studi Linux, Pusat Riset/Linux di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan).
Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Books, Education, Entrepreneurship, Fenomena, Opinion, Software. Tandai permalink.

4 Balasan ke Dahsyatnya Sebuah Visi dan Mimpi (Catatan Buku : Bill Gates Berbicara)

  1. rama04018184 berkata:

    assalam……
    artikel diatas mengingatkan saya dengan sosok sahabat Rasulullah saw, seorang ‘the truth entrepreneurship’ yaitu ‘abdurrahman ibn auf’ hasil didikan dari ‘the maetro entrepreneurship’ Rasululullah saw pedagang tiada tanding sepanjang masa.
    semoga qt dapat meng-implementasikan konsep dagang beliau saw ……..
    trim’s

  2. nino berkata:

    kapan indonesia maju kalo generasi mudanya malas – malas ya ???

  3. william hendry gates berkata:

    majunya indonesia adalagh waktu lebaran monyet/dgn cara pembajakan besar-besaran!!!!!

  4. the kill berkata:

    saya pengen jadi the next billgate…hehehehehe.tapi apakah itu mungkin????? dengan keadaan Indonesia yang seperti ini???? apalagi univ di indo sendiri masih belum mampu melahirkan seorang IT+bussines man yang handal….
    dan juga programer yang hebat…seperti yang dimiliki microsoft……..
    apakah indonesia bisa melahirkan orang2 seperti billgates,steve jobs,dell???
    apakah itu hanya mimpi???tapi saya berharap menjadi salah satu dari mereka..oh ya mengenai steve job dia bukan programer handal lo,danterciptalah yang namanya MAC.
    saya berharap UAD dapat menghasilkan orang2 berhasil bukan dalam skala nasional saja tapi dunia…kita harus punya mimpi..karena mimpi lah yang akan menjadi motivasi kita untuk mencapai sukses.
    oh ya apa UAD tidak ada kerjasama dengan pihak luar dengan microsoft misalnya..kayak di ITB mereka ada Microsoft club nya pak.apa karena UAD itu kampusnya linux jadi anti microsoft????hehehehe.
    kalo perlu kerjasama dengan Apple…….kan bertujuan agar kampus kita khususnya informatika menjadi berkualitas…kali ajah bisa bekerja di microsoft.i wish

    -thx- http://www.rezathegreateater.multiply.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s