Topik Penelitian Tugas Akhir & Skripsi Teknik Informatika (1)

Sebagai realisasi dari tulisan saya sebelumnya yaitu untuk mulai menggalakkan mahasiswa Teknik Informatika UAD untuk mengambil topik tugas akhir di bidang open source. Maka saya akan coba menawarkan topik-topik tersebut lewat blog ini.

INTELLIGENCE DOWNLOAD MANAGER SYSTEM BERBASIS GNU/LINUX

Latar Belakang Masalah

Salah satu penyebab traffic Internet di UAD menjadi sangat tinggi adalah karena banyaknya user yang melakukan download berbagai macam file di Internet. Selain menghabiskan banwidth seringkali terjadi duplikasi file yang di-download.

Pembahasan Masalah

Agar bisa mengatasi masalah di atas, maka perlu dibuat sebuah sistem yang mampu memenuhi kebutuhan download file tersebut. Sehingga file yang sudah di-download oleh mahasiswa/dosen di fakultas tertentu tidak akan di-download lagi di fakultas lain. Selain itu agar permintaan download oleh user dapat dilayani semua, maka perlu dibuat sebuah sistem yang bersifat autodownloader yang otomatis men-download file setelah di-submit oleh user.

Kajian Terdahulu

Beberapa tools seperti KGet, Gwget dan Libretto merupakan software yang digunakan untuk men-download file. Tetapi sifatnya belum otomatis, karena masih memerlukan input alamat URL satu persatu. Penelitian ini akan lebih mengembangkan dari tools yang sudah ada yaitu Libretto. Alasan saya memilih Libretto adalah karena berbasis web sehingga bisa lintas platform, selain menggunakan tools yang familiar seperti PHP, MySQL, Apache. Pengembangan yang paling utama adalah pada sistem manajemen user dan fungsi autodownload system yang berjalan otomatis ketika user men-submit sebuah alamat URL yang tersimpan di database.

Manfaat Penelitian

  • Dapat mengehemat bandwidth, terutama arus keluar.
  • Menghemat space penyimpanan.
  • Mengurangi duplikasi file yang di-download

Algoritma

  • User memeriksa apakah file yang dicari sudah pernah di-download atau belum.

  • Apabila belum ada, maka user mensubmit alamat lengkap ke website download manager server.

  • Sistem menyimpan alamat yang baru disubmit untuk dimasukkan ke database antrian.

  • Sistem secara timer melakukan download.

  • Sistem menghitung limit toleransi banwidth yang digunakan untuk download atau sistem membatasi jumlah file yang di-download.

  • Setelah salah satu file behasil di-download antrial file berkutnya di-download.

  • File yang telah di-download disimpan dalam server dan masuk dalam database

  • Sistem memberikan notifikasi kepada user yang request melalui email bahwa file sudah berhasil di-download.

Alat & Bahan Penelitian

  • OS Linux
  • PHP
  • MySQL
  • Apache
  • Libretto

Nah, kurang lebih seperti itu bila Ada mahasiswa yang berminat dapat menghubungi saya di blog ini atau email/YM! ardining2007@yahoo.com

Pos ini dipublikasikan di Education, Penelitian. Tandai permalink.

23 Balasan ke Topik Penelitian Tugas Akhir & Skripsi Teknik Informatika (1)

  1. yana berkata:

    tolong lebih lengkap lagi dlm pembuatan skripsi
    untuk memudahkan kita dlm penyusunan
    dan lebih ditingkatkan lagi sosialisai terhadap masyarakat
    balaz…………….ya……….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ??????????????????

  2. Ardiansyah berkata:

    Yang lebih lengkap apanya? Proposalnya atau apa? Saya cuma sebatas memberikan gambaran umum dan general aja. Selanjutnya silahkan para mahasiswa yang melengkapinya dengan format proposal standar.

  3. yoedi berkata:

    hehe menarik juga
    tapi baru newbie bgt di linux
    pengen bgt sih buat skripsi pake open source
    php aja belum mudeng, mySQL dikit
    libreto baru denger
    masih banyak belajar dulu deh keliatannya😦
    pengen bisa🙂

  4. Agustina R.S. berkata:

    Yach.. aku cuma mo usul ja..!! Cz Q juga Mahasiswa dari ITS yang belajar jarak jauh, yang sekarang lagi nyusun TA . Buat Tugas Akhir D.1 , kalau bisa lebih lengkap yow.. cz biar bisa bantu aq n teman – teman aq. dalam menyusun Tugas Akhir ne . Key mohon bantuane yow.. kakakku … cz kita lagi kesulitan buanget nech … !!!! key Tank’s Be for ….

  5. Lila berkata:

    dalam pembuatan skripsinya tolong lebih lengkap lagi donk………coz sebentar lagi aku juga mau nyusun skripsi nech……aku akui infonya sangat membantu bangeeet……..thanks banget ya!!!!!!!!!

  6. Heru berkata:

    skripsi ny bgs klau blh tau untuk cari judul yag mudah tapi bagus apa lagi program yang di buat ngga begitu susah…gmn ya??/

  7. Heru berkata:

    dalam pembuatan skripsi ny bgs bgt..klau blh tau untuk cari judul yag mudah tapi bagus apa lagi program yang di buat ngga begitu susah…gmn ya??/soal ny sem bsk aku juga mau TA

  8. Shinta berkata:

    Hai……Q salah satu mahasiswa di suatu universitas swasta di Salatiga..Skrg q kul masuk trimester 1 thn ke-3, jurusan TI yang ambil konsentrasi di Multimedia..gini q mo konsultasi ni…meski q da kul disini jalan 2 th lebih q masih belum bisa fokus pada salah satu pemrograman krn disini q diajarin banyak sekali bahasa pemrograman jadi membuat q ‘n temen2 g’ bs fokus pada salah satunya..tolong sarannya ya….q harus gimana agar dapat lebih maju lagi….Thank’s

  9. Ardiansyah berkata:

    # Shinta
    Bahasa pemrograman hanya alat, saran saya kuasi (master) dalam logika dan algoritma pemrograman, lalu kuasai satu bahasa pemrograman.

  10. dipta pramudika berkata:

    aku salah satu mahasiswa di AKAKOM JOGJA , dan baru semester 5 tapi sebentar lagi aku akan buat Program Profesionalku , aku berencana membuat Rekayasa Perangkat Lunak dengan bahasa di VB.net , bisa kasih saran bila aku ingin sekali mencoba ERP .

  11. Ardiansyah berkata:

    Saran saya baca banyak buku ttg ERP dan jangan lupa kontak dengan orang yang paham tentang ERP.

  12. Ardiansyah berkata:

    # dipta pramudika
    Saran saya baca banyak buku ttg ERP dan jangan lupa kontak dengan orang yang paham tentang ERP.

  13. Tajul anwar berkata:

    Ingn tanya neh!!!
    Gmn cranya supaya penguasaan bahasa program lebuh cepat dan efektif?

  14. waah ……kayaknya asik nii belajar linux…
    coz. aq lagi tertarik nii…coz aq mwu nysun skiripsi tapi lagi pusing niii nyari judul yang tepat…..bole gak kirimik aq tutorial tentang linux fedora……???

  15. Arsline berkata:

    Assalamu’alaikum.
    Saya sebenarnya tertarik dengan topik diatas akan tetapi saya baru mendengar Libretto. Apa Libretto tersebut juga open source?
    Saya semester depan akan mengajukan TA ada dosen yang menyarankan untuk membahas tentang enkripsi atau information security lainnya, dan ada juga yang menyarankan mengenai watermarking. Kira-kira bahasan apa yang saat ini sedang tengah menarik untuk dibahas?Dan dimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai watermarking, atau enkripsi? Terima kasih.
    Wassalam.

  16. Niel berkata:

    saya sedang menyusun tugas akhir..saya mau tanya untuk topik diatas metode yang digunakan apa??kalo bisa tolong kasih tau metode yg dipakai krn topik yang saya angkat untuk TA mirip dengan topik ini..terima kasih

  17. M. Arif Budiman berkata:

    Pak bisa dijelaskan lebih tentang manajemen user dan kalau misalnya ada 5 user masing2 download 4 file karena sistem antrian adalah FIFO maka apa tidak menjadikannya kurang efisien karena user terakhir bisa menunggu lama hasil downloadnya.

  18. Ad_info84 berkata:

    pa,klo bisa TA dipermudah mslhy saya angktan terbang,saya penah mengalami proposal Ta k dosen UAD

  19. isnanto berkata:

    ada masalah pak. file dengan fungsi yang sama banyak betebaran di internet, misal saja installer firefox, bisa di download di official site ato di situs-situs download kayak download.com ato yang lainnya. kira-kira gimana algoritmanya supaya file dengan fungsi yang sama tetep gak bisa di download dua kali atau lebih walau sumber downloadnya berbeda…?

  20. Shiefa berkata:

    saya uda semester 6 nih, skrg baru mo cari2 topik utk skripsi. Ada usulan wat judul skripsi kah? ttg java, database, jgn yg php deh…hehehe
    thanks..

  21. irma berkata:

    bt teman2 apa ada yang uda berhasil dengan project libbreto nya?
    kl ada tlng di shar ya…
    sya jg lg mengerjakan project ini tuk TA sya..
    tp blm berhsl…
    web nya sdh jln,tp URL yang mo di download ga jln.
    thanks.

  22. dika berkata:

    saya ahli di pemrograman VB.net dengan databases SQL Server
    Saya bingung cari TOPIK buat Tugas Akhir..
    Tolong beri, kalau bisa sekalian Judul..

  23. Slm hormat, ada contoh kode delphi pemakaian teknik enkripsi data menggunakan algoritma enkripsi PR dengan jenis enkripsi simetrik dengan tipe stream cipher, fungsi enkripsi telah dibuat dlm file librari dll,sehingga dapat digunakan oleh bahasa pemrograman lainnya yang dapat mengakses file dll, kode pemakaian fungsi enkripsi dapat dilihat di http://www.ciauldownload.blogspot.com pada bagian artikel, terima kasih

Tinggalkan Balasan

