Mengaktifkan Fasilitas Bluetooth Pada Ubuntu 7.04 Fiesty Fawn

 screenshot-bluetooth-transfer-received.png

Laptop PIKSI UAD merk Acer Aspire 1650Z yang biasa saya gunakan sehari-hari udah pake Ubuntu 7.04. Tetapi sayangnya fasilitas Bluetooth-nya gak bisa digunakan, padahal kalo saya send file dari Nokia 6600 saya ke laptop terdeteksi tapi ketika di send keluar pesan “unable to cennect…”. Usut punya usut saya coba install beberapa library yang dibutuhkan yaitu sbb :

  • gnome-bluetooth
  • libbtctl4
  • libgnomebt0
  • libopenobex1

screenshot-send-to.png

 Langsung keempat library tersebut saya download dari http://kambing.vlsm.org/ubuntu. Setelah itu saya install dengan GDebi Package Installer. Setelah itu di menu Applications > Accessoris udah ada menu Bluetooth File Sharing. Untuk mengaktifkannya tinggal kita klik menu Buletooth File Sharing tersebut, lalu kita bisa mengirim file dari HP ke laptop atau sebaliknya.

Keterangan Gambar :  Gambar 1. Kotak pesan ketika komputer telah menerima file, Gambar 2. Kotak pesan ketika akan mengirim file ke perangkat lain.

Pos ini dipublikasikan di Free Software, Linux, Open Source, Software, Ubuntu. Tandai permalink.

2 Balasan ke Mengaktifkan Fasilitas Bluetooth Pada Ubuntu 7.04 Fiesty Fawn

  1. dedy berkata:

    hai, salam kenal.
    saya baru mengenal linux sebulan ini. saya tertarik karena open source dan banyak kelebihannya. saya punya masalah dengan installasi linux di acer aspire 5572anwxci.
    awalnya saya pake kubuntu 6.06 (kalau tidak salah). soundcardnya masih terdetect tapi setelah saya pake ubuntu 6.70 dan 7.04, soundcardnya tidak tidak mengeluarkan suara. wifi, webcam dan bluetooth jg tidak terdetect.
    bisa kasih masukan atau bantuannya?
    terima kasih

    operasional@pancawati.com / rusharjadi@yahoo.com

  2. Ardiansyah berkata:

    Seharusnya menurut saya perangkat di laptop Anda seharusnya kedetect semua lho dengan Ubuntu 7.04. Coba install lagi dan lihat referensi yang pernah dilakukan oleh Mr. GBT di http://rahard.wordpress.com/2007/06/10/kesulitan-dengan-notebook-acer/ dan http://research.indocisc.com/~andika/acer/acer-aspire-5580.html. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

