Privasi Beragama

 

Kemarin saya mengalami dua kejadian unik yang berbeda topik dalam masalah keseharian beragama. Ceritanya ketika menjelang latihan sepak bola menjelang shalat Ashar, saya yang udah sholat mengajak teman saya yang kelihatannya belum sholat Ashar, lantas teman saya tersebut (yang mahasiswa UIN) menjawab “…sholat itu masalah privasi kak…”. Saya tertegun mendengar jawaban tersebut, walaupun dengan nada datar ia menjawabnya. Sebenarnya saya tahu sejak dulu ia memang berpaham liberal dalam beragama, sehingga saya tidak heran dengan jawaban tersebut. Tetapi saya hanya terusik sedikit karena apakah memang dalam beragama yang sifatnya privasi seperti sholat, zakat, puasa, haji itu kita sebagai satu saudara seiman tidak boleh lagi mengingatkan dalam kebaikan (fastabiqul khairoot)? Ini yang saya pertanyakan, bila memang tidak boleh, berarti untuk apa Allah SWT mengutus para nabi dan rasul ke muda bumi ini kalo tidak untuk membuat manusia taat pada perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. Terus untuk apada ada ayat yang memerintahkan agar kita sebagai muslim selalu ingat-mengingatkan saudara muslim lainnya dalam hal kebajikan. Kalo pandangan saya privasi beragama itu adalah ketika kita sedang menjalankannya hati kita hanya untuk Allah SWT dan pahala yang diterima juga. Tetapi dalam hal mengingatkan, menyampaikan kebaikan itu sudah kewajiban seluruh umat Islam.

 

Foto : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/f/f5/Shalatanakkecil.jpg/250px-Shalatanakkecil.jpg 

Pos ini dipublikasikan di Events, Opinion, Religion Activity. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Privasi Beragama

  1. vier berkata:

    bener bangets mas, sampaikanlah walau satu ayat. Penyampaiannya juga harus sabar sperti nabi Muhammad dan nabi2 yang lain dengan sabar mereka selalu mengingatkan umat manusia untuk selalu berada dijalan-NYA.
    Insya Allah jika kita mempunyai niat yang baik maka kita juga mendapat tanggapan yang baik walau tidak semuanya bisa menerima apa yang kita sampaikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s