From Engineer to CEO

Judul tersebut terinspirasi kemarin ketika lewat papan pengumuman di parkir kampus ITB. Terus terang saya sangat tertarik dengan judul tersebut, karena saya memang bercita-cita demikian dan fenomena judul di ataslah yang membuat industri TI negara-negara seperti India, China, Eropa, Amerika menjadi sangat besar. Para pemain besar industri tersebut kebanyakan berawal dari engineer/ilmuwan yang karena hasil penemuannya bisa di-create menjadi sebuah industri TI raksasa dengan mereka sendiri yang menjadi CEO atau entrepreneur-nya. Mau contoh? Lihatlah :

 

  • Jery Yang dan David Filo yang menemukan Yahoo! Sebelumnya mereka adalah mahasiswa Doktoral di Teknik Elektro Universitas Stanford. Setelah mendirikan Yahoo! mereka sendiri menjabat sebagai eksekutif di perusahaan tersebut.

  • Sergey Brin dan Larry Page. Mereka berdua adalah sekolah di Computer Science di Universitas Stanford. Mereka berdua sukses mendirikan perusahaan Google dan menjadi eksekutif di dalamnya.

  • Bill Gates & Paul Allen sang pendiri Microsoft. Walaupun Bill Gates drop outengineer-nya tidak bisa dikesampingkan, berdua dengan Paul Allen mereka sukses membangun perushaaan piranti lunak terbesar di dunia saat ini yaitu Microsoft.

    dari Harvard (sejak tanggal 7 Juni 2007 Bill Gates resmi menyandang gelar Doktor (HC) Ilmu Hukum dari Universitas Harvard) tapi jiwa

  • William Hewlett & David Packard, adalah lulusan Teknik Elektro di Universitas Stanford yang bersama rekannya sukses membangun perusahaan HP dengan mereka sendiri yang menjadi eksekutifnya (waktu semasa hidup).

  • Sehat Sutardja & Pantas Sutardja. Nah kalo yang ini adalah orang Indonesia asli, tapi sejak lulus SMA mereka menetap di AS. Lulusan Doktor Ilmu Komputer dan Teknik Elektro di UC Berkeley ini lantas mendirikan perusahaan Marvell Technology Group dan mereka berdua manjabat sebagai eksekutif puncak di perusahaan tersebut.

  • Bill Joy. Lulusan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer UC Berkeley ini adalah salah satu pendiri Sun Microsystem.

  • Steve Jobs sempat mengenyam kuliah di Reed College walaupun harus DO bersama-sama dengan Steve Wozniak mendirikan Apple Computer dengan mereka sendiri yang menjadi pimpinan di perusahaan tersebut.

  • Dan masih banyak lagi lainnya (cari aja sendiri di Wikipedia)

Nah dari uraian singkat di atas ternyata sebagai engineer kita juga bisa menjadi pengusahaan lho, asal syaratnya punya inovasi produk yang unggul (terutama banyak yang menggunakannya) dan bisa menjual produk tersebut.

 

Foto : http://www.granneman.com/images/jobs_and_wozniak_1975.jpg

Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Entrepreneurship, Opinion, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

2 Balasan ke From Engineer to CEO

  1. kill berkata:

    wah inigin rasanya menjadi CEO

  2. dudy rudianto berkata:

    Halo ar, pa kabar? Sdh lama gak ngobrol.
    Kalau ke jakarta mainlah ketempat saya.
    Ada hal baru dimana saya sdh punya produk IT, dan sdh ada pengakuan internasional,
    Termasuk patennya. Pak ardi pasti tertarik deh.

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s