Kekuatan Komunitas Konsumen di Dunia Maya

gbr_customer.jpg

Mungkin kita pernah menggali informasi secara intensif melalui rekan, blog, suara konsumen, milis, website, dsb untuk mengetahui kualitas sebuah produk sebelum Anda ingin membeli produk tersebut. Mengapa Anda melakukan pencarian informasi dari pihak ketiga? dan bukan dari perusahaannya langsung? Jawaban Anda mungkin sama dengan kita semua, bahwa mana mungkin ada perusahaan cccyang mengatakan kelemahan produknya, pasti keunggulan produknya aja yang diungkapkan.

 

Menggali informasi produk dari pihak ketiga memang menurut kita sangat obyektif tapi mungkin cukup membingungkan karena bisa jadi jawabannya tidak seragam dan kadangkala bertolak belakang dari pendapat yang satu dengan pendapat yang lain. Tetapi dari banyaknya pendapat yang dikumpulkan dengan beragam pendapat tersebut kita jadinya bisa melakukan riset kecil untuk mengetahui hasil akhirnya. Dari riset kecil tersebut nantinya bisa kita sajikan dalam bentuk persentase tertentu, nah dari sana bisa kita ambil kesimpulan.

 

Dengan semakin banyaknya penggunaan media Internet sebagai wadah menyuarakan hati konsumen dalam menggunakan/mengkonsumsi sebuah produk menyebabkan secara tidak langsung terbentuknya sebuah komunitas konsumen di dunia maya. Coba kita perhatikan, berapa juta email, milis, website, blog yang tiap hari “menyesakkan” lalu lintas Internet. Banyak di antara media tersebut mengutarakan kesan dan pendapat mereka dalam menggunakan sebuah produk. Ini tentu menjadi referensi gratis bagi kita yang berniat ingin membeli produk serupa, coba Anda ketik di Google tentang sebuah produk, Anda pasti akan disodorkan banyak link yang merujuk informasi yang Anda inginkan. Bahkan, saking mudahnya mengungkapkan kesan terhadap produk saya juga dengan mudah menuliskan kesan saya dalam menggunakan sebuah produk sikat gigi di blog saya. Nah, semua simpul media yang di Internet tersebut akan menjadi sebuah kekuatan yang jangan sampai tidak dianggap oleh perusahaan. Dari komunitas tersebut sebenarnya perusahaan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan produk tersebut di pasaran. Perlu diingat juga bahwa tingkat kepercayaan konsumen dalam mempercayai informasi yang mereka dapatkan dari Internet kemungkinan cukup tinggi mengingat mereka bertanya atau memperoleh jawaban dari para pengguna sesungguhnya (walaupun perlu dilakukan riset mengenai hal ini untuk membuktikannya).

 

Dampak positif dan negatif terhadap citra produk suatu perusahaan sama kekuatannya di Internet. Bila produk Anda bagus dan berkualitas maka dengan cepat dapat menyebar dan menjalar ke seluruh dunia, sebaliknya bila kualitasnya jelek dan buruk maka dengan cepat pula menjadi buah bibir di seluruh dunia. Berarti pameo yang selama ini dipegang bahwa konsumen yang baik menceritakan produk yang digunakannya kepada tiga orang, tetapi konsumen yang jahat akan menceritakan kejelekan produk tersebut kepada tujuh orang lain akan mengalami percepatan luar biasa dalam dunia Internet.

 

Foto : http://indomobil-car-rental.co.id/htdocs/imx2/gbr_customer.jpg 

Pos ini dipublikasikan di Bisnis, e-Commerce, Education, Fenomena, Kuliah, Opinion, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

3 Balasan ke Kekuatan Komunitas Konsumen di Dunia Maya

  1. m.amru berkata:

    download materi kuliah e-government dmn pak???

  2. Arinal Hak (06018027) berkata:

    Nama : Arinal Hak
    NIM : 06018027
    Tugas : Postes e-commerce

    Jasa : Pemesanan tiket KA, Bus, Travel, dan Pesawat Terbang
    Sasaran : Masyarakat seluruhnya, tidak terkecuali WNA yg ada di Indonesia.
    Tujuan : Mempermudah orang yang akan memesan alat transportasi untuk kepentingan ke luar/dalam kota terutama bagi masyarakat Yogyakarta.

    Channel : PT. KA, Bus-bus luar kota, Travel, dan Pesewat Air lines.

    Metode Pemesanan :
    1. Pelanggan Browsing ke internet
    2. Memesan lewat Website Pemesanan Tiket
    3. Mengirim uang ke No rekening Pemesanan Tiket
    4. Pelanggan kemudian dipesankan tiket ke Channel yang bersangkutan dengan atas nama pelanggan.
    5. Pelanggan bisa menikmati layanan Transportasi.

    Pemasaran : Iklankan (Titip Nama biar dilihat) lewat situs-situs Perusahaan, Universitas, dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s