Most Wanted! Ikon Teknologi Informasi Indonesia

0141783b.jpg

Bila kita perhatikan semua bidang apa pun di dunia ini selalu ada ikon yang menjadi panutan/motivator sehingga banyak orang yang akan mengikuti jejak sang ikon ini. Ikon ini selalu ada biasanya identik di level global maupun lokal. Di bidang sepakbola misalnya siapa yang tak kenal dengan Maradona, Pele, Zenedine Zinade, Andriy Shevchenko, di tanah air ikon Zainal Arief, Bambang Pamungkas, Saktiawan Sinaga, Firmansyah. Di dunia selebriti ada JLO, Britney Spears, Lindsay Lohan, Brit Pitt, Tom Cruise, untuk lokalnya ada Dedy Mizwar, Didi Petet, Krisdayanti, Chelsea Olivia, Tora Sudiro, Rhoma Irama, tak ketinggalan Tukul Arwana. Di dunia bisnis ada Donald Trump, Rockfeller, Warren Buffet, George Soros, Pangeran Al Waled, untuk ikon lokalnya kita mengenal Ciputra, Triatma K Haliman, Mochtar Riady, Puspo Wardoyo, Purdi E Chandra, Putera Sampoerna, dsb. Sebagai ulama (selain Rasulullah SAW, para Sahabat, salafush shalih) kita pasti akan selalu menjadikan mereka panutan seperti Abul A’la al Maududi, Said Hawwa, Syekh Bin Baz, Sayyid Qutb, Hasal Al Banna, Yusuf Qardhawi, Ahmad Yassin, Ahmed Deedat, Zakir Naik, untuk ikon ulama lokal seperti KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim As’ari, Buya Hamka, Rahmat Abdullah, dsb.

Nah, khusus ikon teknologi informasi mungkin sudah sering saya sebut dalam blog ini seperti Bill Gates, Steve Jobs, Paul Allen, Steve Wozniak, Jerry Yang, David Filo, Sergey Brin, Larry Page, Linus Torvalds, Tim Berners Lee, GE Moore, Michael Dell, Jeff Bezos, William Hewlett, David Packard, nah untuk ikon lokalnya kita masih sampai saat ini belum melihat individu atau institusi yang bisa dijadikan ikon. Bangsa kita masih belum memiliki ikon di bidang TI. Bila sebatas “selebritis” TI memang cukup banyak seperti Budi Rahardjo, Richardus Eko Indrajit, Onno W Purbo, Michael Sunggiardi, I Made Wiryana, dll, tapi beliau-beliau tersebut hanya sebatas sebagai “pengompor” bagi tumbuhnya dan lahirnya ikon-ikon yang kita harapkan nantinya bakal bisa mengglobal dan bisa mengharumkan nama Indonesia. Satu pertanyaan saya mengenai hal ini dan mungkin juga pertanyaan kita semua yang bisa jadi jawabannya sangat beragam yaitu What’s wrong with our nation?

Tulisan ini bukan tanpa dasar karena semakin diperkuat oleh data yang saya dapat dari Kompas hari ini (20/06/07) yang membuat daftar para intelektual muda kita berikut konsentrasi mereka. Dari daftar tersebut terdapat nama-nama seperti Efendi Gazali, Eep Saefulloh Fatah, Denny Indrayana, Ulil Absar Abdalla, dkk. Dari sana tidak satu pun masuk para intelektual di bidang teknologi terutama teknologi informasi.

Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Entrepreneurship, Opinion, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

6 Balasan ke Most Wanted! Ikon Teknologi Informasi Indonesia

  1. Ya artinya kompas saja yang kuper,
    menurut saya Pak Onno secara de facto merupakan tokoh revolusioner
    dan merupakan oposan di IT.

    Nama Pak Onno sudah sangat terkenal di Luar Negeri,
    bahkan mengisi seminar2,
    dan memberikan masukan2 untuk membentuk model
    RT/RW net di luar negeri.

  2. Ardiansyah berkata:

    Betul mas saya sepakat, pada level itu (yaitu sebagai “selebritis” IT) pak Onno dkk udah berhasil. Tapi ikon yang saya maksud di sini adalah hadirnya para netpreneur2 yang berhasil menjadikan TI sebagai salah basis industri negaranya seperti Microsoft, Dell, HP, Intel, dsb. Ini yang sangat kita perlukan sekarang, jangan sampai kita hanya sebagai bangsa “konsumen” semata dan tidak pernah menjadi bangsa “produsen”.

  3. fR3dDy berkata:

    Dulu saya kira bahasa Java dari Sun buatan orang Indonesia.
    Dulu saya kira Jakarta dari Mocrosoft juga buatan orang Indonesia.
    Ternyata oh ternyata .. .. ?????
    Yah.. kebanyakan emang banyak yang menjadi motivator (kalo pak ardi bilang “selebritis”). Tapi saya yakin suatu saat di Indonesia pasti ada ikon IT. Doakan aja itu saya … Amin… 🙂 🙂 🙂

  4. Ardiansyah berkata:

    Iya mas dan itu dimulai dari setiap individu kita untuk menjadi “the best”/fokus dalam setiap bidang yang kita kuasai. Dengan harapan nanti lahir para ikon-ikon yang nantinya dapat menulari yang lain. Kita tunggu aja, siapa ya…? Hayo… tebak siapa?

  5. bowo berkata:

    Kriteria ikon itu sendiri apa sih ? Pinter, kaya, punya perusahaan besar ? atau apa ya ?

  6. Ardiansyah berkata:

    Kriterianya gak perlu banyak ataupun sempurna cukup ia bisa berbuat sesuatu perubahan besar di dunia ini dengan TI sebagai alat/produknya. Kebetulan yang sudah terbukti saat ini misalnya dari mahasiswa drop out bisa membangun perusahaan software raksasa (contohnya Bill Gates plus Paul Allen), atau dari cuma tak sengaja mengumpulkan link2 Internet akhirnya mewujud menjadi perusahaan search engine terbesar (misalnya Yahoo! oleh Jerry Yang), atau dari cuma utak atik Minix untuk tugas sistem operasi dan tesis S2 jadilah Linux sebagai motor penggerak Open Source, dsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s