Beberapa Ketakutan Dalam Memulai Bisnis & Bagaimana Mengatasinya

bankrupt.jpg

Walaupun jiwa entrepreneur kita sudah kuat, tapi saya yakin tetap saja terbersit beberapa ketakutan/kekhawatiran akan risiko yang akan dihadapi ketika ingin memulai bisnis. Bahkan seorang pebisnis kawakan pun masih “terserang” rasa tersebut. Hal ini wajarr terjadi, karena setiap manusia memiliki rasa ketakutan bila mengalami kegagalan. Baiklah coba kita uraikan apa aja sih yang membuat kita itu takut bila ingin memulai bisnis :

  1. Ketakukan Pertama. Takut produk yang dijual tidak laku, sehingga modal yang sudah ditanam tidak kembali.

  2. Ketakutan Kedua. Takut bila penjualan produk tidak sesuai dengan target, maka akan menguras uang kas dan bahkan bisa menjadi defisit.

  3. Ketakutan Ketiga. Takut tidak bisa membayar angsuran hutang (bila modal usaha didapat dari hutang ke pihak bank/institusi lain).

  4. Ketakutan Keempat. Takut bisnisnya tidak bisa berkembang dan terus mundur sehingga menjadi bangkrut. Ketakutannya menjadi-jadi hingga takut aset-aset yang bila dijaminkan ke pihak bank akan disita.

  5. Ketakutan Kelima. Tidak percaya diri (PD), misalnya sering mengeluh apakah saya bisa menjalankan bisnis? Apakah saya berbakat? Iya kalau untung bagaimana kalau rugi, atau bangkrut?

  6. Ketakutan Keenam. Takut bila produnya tidak bisa bersaing dengan produk sejenis dari perusahaan lain.

Nah itulah beberapa ketakutan yang sering melanda para calon pebisnis, dan kalau fikiran-fikiran negatif di atas terus menerus menyerang akal sadar kita maka hampir bisa dipastikan kita tidak akan pernah mendirikan bisnis. Bagaimana caranya agar bisa mengeliminasi fikiran-fikiran negatif dan ketakutan tersebut? Jawabannya tidak ada yang baku, tapi dari pengalaman dan referensi yang didapat selama ini ada beberapa cara yang berbeda dan silahkan Anda pilih sesuai “selera”:

  1. Dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan bisnis yang baik dan matang berarti kita sudah merencanakan kesuksesan, dan dengan begitu paling tidak 50% sudah mengurangi rasa ketakutan kita.

  2. Just Do it. Cara ini telah diterapkan oleh pebisnis tipe-tipe “fighter” sejadi seperti Puspo Wardoyo, Purdi Chandra, Bob Sadino.

  3. 3M (Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil, Mulai sekarang juga).

  4. Mencari ilmu/referensi tentang kegagalan orang lain, jadi kita bisa tahu dan dapat menghindarinya. Oleh karena itu perbanyaklah membaca buku-buku yang berkaitan dengan bisnis, bergaullah dengan komunitas pebisnis, jadi kita bisa banyak menimba ilmu dari mereka. Kebanyakan juga ada yang menyarankan kita yang masih pebisnis pemula hendaknya memiliki mentor/pembimbing dalam bisnis. Mentor inilah yang akan memberikan masukan/nasehat terhadap setiap keputusan bisnis yang akan/telah kita buat.

Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Entrepreneurship, Opinion, Praktek Bisnis. Tandai permalink.

4 Balasan ke Beberapa Ketakutan Dalam Memulai Bisnis & Bagaimana Mengatasinya

  1. bowo berkata:

    ada lagi…takut mulai…takut gagal

  2. ahmad fadhil berkata:

    Assalamu alaikum,
    Saya sedang merencanakan untuk membuat toko buku komik didaerah saya tinggal. orang tua saya, niat saya untuk hidup mandiri dan minat saya dengan dunia jepang telah mendorong saya untuk mencoba bisnis yang satu ini. saya akan mencoba mengemas konsep yang hebat!!! doakan!?

  3. Ardiansyah berkata:

    #ahmad fadhil
    Selamat mas, semoga bisnis komiknya bisa berjalan, memang pengemasan bisnis menjadi salah satu faktor penting agar produk yang kita jual bisa menarik perhatian konsumen.

  4. nur fitri yanti berkata:

    BAD COVER DAN SPREI

    Cara pemesanan :
    >Lewat website kami http://www.V&Z.com :
    1.sign in / registrasi dahulu ke web tersebut, setelah itu click menu registrasi maka muncul tampilan form registrasi dan diisi sesuai dengan keperluan anda.
    2.setelah registrasi kita dapat memesan produk yang kita inginkan dengan memenuhi semua persyratan yang ada. Misalkan alamat tujuan barang yang akan dikirim, no telp, serta pembayaranya dengan menggunakan apa, kemudian dari web tersebut akan muncul sebuah kotak layanan pembayaran.
    3.kemudian kita memasukan code ID card yang kita punya dengan maksud kita setuju akan membeli barang tersebut namun selain itu web tersebut akan memberikan bukti pembayaran dengan mendapatkan ID Pembayaran yang nantinya dapat digunakan sebagai bukti penerimaan barang nantinya setelah barang dikirim
    cara registrasi :
    1. sebelum kita memesan barang maka kita harus regitrasi dahulu
    2.kemudian kita dapat memesannya langsung melalui situs tersebut dengan mengirimkan berupa uang ke no.rekening yang ada.
    3.pembayaran dapat 50% atau separuh harga dari harga barang dan sisa pembayarannya dapat dibayar setelah barang diterima oleh costomer.

    >Bisa juga anda langsung datang ke took kami V&Z yang beralamat di jalan Kusumanegara no.58 yogyakarta Indonesia
    >Atau menghubungi kami lewat telephon (0274) 234234

    Kami akan memberikan pelayanan yang yang terbaik untuk anda semua
    Segera datang atau pesan, anda puas kami senang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s