Keadilan yang Hilang, Sumber Penyebab Kekacauan Di Negeri Ini

03t-demo-korupsi.gif

Rasanya tiap hari kita selalu menyaksikan berbagai bentuk aksi semacam demonstrasi, kerusuhan, ancaman disintegrasi, penggusuran. Kalo kita perhatikan selalu saja yang menjadi objek adalah RAKYAT BIASA atau RAKYAT KECIL seperti pedagang kaki lima, masyarakat miskin, supir angkot, dan kaum proletar lainnya.

Sebenarnya kehidupan keseharian mereka tidaklah rumit dan supersibuk dengan dipenuhi ambisi-ambisi melangit dengan sejumlah planning dan alat ukur serta tools manajemen modern lainnya. Mereka hanya ingin bekerja dengan tenang, dapat uang yang CUKUP sehingga bisa untuk makan bagi istri dan anak-anak mereka.

Kalau mereka yang serba sederhana, bersahaja dan tidak neko-neko tersebut tiba-tiba kita lihat dengan penuh “amarah” dan wajah beringas “berteriak-teriak” dan demonstrasi hingga tidak jarang mengarah ke perbuatan anarkis agar hanya bisa untuk dapat menjalankan kegiatan pencarian nafkah seperti bias, pasti ada yang salah selama ini.

 

Pemerintah yang memiliki wewenang sebagai regulator dan eksekutor, memiliki peran vital dalam menjaga keharmonisan seluruh warga dalam menjalankan aktivitasnya masing-masing, sehingga keadilan menjadi syarat mutlak yang mesti dilakukan oleh pemerintah. Ambil contoh misalnya demo yang dilakukan oleh para supir angkot yang menuntut agar mobil-mobil yang tidak memiliki ijin trayek agar ditertibkan dan ditindak karena jelas-jelas mengganggu kelancaran supir yang memiliki ijin. Seharusnya dinas pemerintah yang terkait dengan cepat dan tegas menindak tindakan ilegal tersebut. Fenomena seperti ini dapat kita jumpai di bidang-bidang yang lain. Oleh karena itu keadilan merupakan salah satu faktor penting agar bangsa ini bisa kembali aman, makmur dan kondusif. Mau berbuat adil?

Pos ini dipublikasikan di Fenomena, Opinion, Sosial Politik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s