Strategi Kebijakan Hukum Industri Teknologi Informasi (Usulan Penelitian)

vista_gavel.jpg

Mumpung masih ingat, tadi pagi langsung terbersit ide tentang penelitian mengenai teknik/kajian pengambilan kebijakan/keputusan hukum di bidang Teknologi Informasi.

Latar belakang ide ini adalah maraknya kasus-kasus hukum mengenai berbagai aspek teknologi informasi, mulai dari pelanggaran hak cipta, merk, interoperability, fasilitas-fasilitas produk tertentu yang tidak berjalan di platform produk pesaing, dsb. Sebagai contoh kecil misalnya bagaimana Microsoft yang sering dituntut atas dakwaan praktek monopoli, YouTube yang bolak balik dituntut karena melanggar hak cipta/asusila, Google yang menuduh Microsoft memperlambat kinerja Google.com di Windows Vista, kemudian perang antara Cisco vs Apple yang mempermasalahkan mengenai kata iPhone, tak lupa juga perang klasik antara Windows vs Apple, di mana Apple kerap menuduh Windows selalu menjiplak desain sistem operasi Mac dan kasus teranyar adalah perang pengesahan format OpenXML vs ODF.

Semua itu merupakan kasus-kasus hukum yang sering kita jumpai di dalam industri TI (Teknologi Informasi). Salah satu tujuan dari penelitian ini sebenarnya adalah untuk menghasilkan semacam framework pengambilan keputusan/kebijakan bagi pengambil kebijakan. Hal ini dipandang perlu untuk membantu para pengambil kebijakan dalam menentukan keputusan, terutama bagi yang memiliki track record TI yang minim.

 

Penelitian ini sangat cocok dilakukan oleh para pejabat hukum, badan pemerintah terkait, orang hukum, dan juga cocok bagi orang TI/Ilmu Komputer & Informatika.

Pos ini dipublikasikan di Opinion, Penelitian, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

5 Balasan ke Strategi Kebijakan Hukum Industri Teknologi Informasi (Usulan Penelitian)

  1. realtux berkata:

    pokoke….open source solusinya….!!!

  2. pr4s berkata:

    Hidup LINUX …..!!!!!!!

  3. Ardiansyah berkata:

    #realtux, pr4s
    lho apa hubungannya yah…? Linux/Open Source itu kan produk dari domain TI yg sangat besar. Jadi suatu saat bisa jadi Linux/Open Source bakal terserempet masalah serupa di atas. Tanda2nya kan sudah pernah ada. Misalnya Microsoft pernah menuduh komunitas Open Source/Linux (kalau tidak salah?) telah melanggar banyak paten punya Microsoft.

  4. Aisyah berkata:

    saya baru baca block ini, kbtulan lagi cari bahan-bahan untuk PPHN (perencanaan Pembangunan HukumNasional) bidan Infimrasi dan teknologi informasi. PPHN ini diadakan oleh BPHN (Badan PEmbinaan Hukum Nasional), Dep. Hukum dan HAM. apakah penelitian yang diusulkan tsb sudah berjalan? kalau sdh di mana saya bisa mendapatkannya hasil penerlitiannya? kalau belum dilakukan peneltiiannya, apakah saya bisa memperoleh bahan-bahannya? trims, Aisyah (Pusat Perencanaan Hukum Nasional BPHN)

  5. Ardiansyah berkata:

    # Aisyah
    Penelitian di atas masih sebatas ide lepas saja. Jadi hanya diniatkan sebagai inspirasi bagi yg tertarik untuk menggarapnya. Mengenai bahan-bahan dan studi sebelumnya terus terang sy belum tahu bu. Mungkin Google bisa banyak membantu kok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s