Waspadai Talbis Iblis

 

setan1.jpg

Waktu liburan lebaran kemarin di Temangguna mendapatkan beberapa ilmu tambahan tentang bagaimana setan melakukan godaa kepada manusia. Dari buku Talbis Iblis karangan Syekh Ibnul Qayim Al Jauziyah sungguh menambah pengetahuan kita sebagai muslim.

Dikatakan bahwa setan dan iblis selalu akan melakukan penyerangan kepada hamba Allah SWT sesuai dengan kapasitas dan aktivitas yang dimiliki/dilakukannya.

Misalnya ketika kita ber-wudhu maka setan akan selalu membuat kita akan merasa was-was apakah tadi kita sudah membasuh anggota badan seperti tangan/kaki, dll. Sehingga membuat kita akan mengulangi lagi, lagi dan lagi dan akibatnya pemborosan air yang kita lakukan dan juga terlambat untuk sholat berjamaah.

Ada lagi misalnya dalam hal bersuci terutama ketika membersihkan faraj  (kemaluan). Setan akan membuat kita merasa bahwa setelah dibersihkan selalu ada tetesan air seni sisa kita buang air kecil tadi, sehingga kita akan berulang-ulang membasuhnya. Padahal kata beliau cukuplah disiram dengan menjepitkan dua jari ke faraj tersebut.

Lihat lah juga ada beberapa orang yang selalu mengulang takbir ketika sholat, seolah-olah dia tidak yakin akan takbir dan niat yang diazamkan dalam hati. Sesungguh itu juga bagian dari talbis iblis.

Mungkin ada sebagian besar kita yang mengalami seperti itu. Jadi hati-hati lah…

 

Foto: http://suakahati.files.wordpress.com/2007/07/setan1.jpg

Pos ini dipublikasikan di Books, Islam, Religion Activity. Tandai permalink.

2 Balasan ke Waspadai Talbis Iblis

  1. mahmudi berkata:

    menurut saya talbis iblis adalah usaha iblis untuk mencampurkan antara keimanan dengan kemusyrikan, seperti kepercayaan terhadap benda benda keramat yang mengatasnamakan sebagai perantara dari Alloh, kemudian lambat laun akan percaya bahwa benda itu dapat mendatangkan kekuatan. Naudzubillahimindzalik

  2. wachid berkata:

    koreksi dikit. itu buku ibnul jauzy beda dengn ibnul qayim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s