Perfeksionis Dalam Pengembangan Produk TI

Perfeksionis yang sama maksudkan di sini adalah memberikan perhatian yang sangat detil terhadap pengembangan sebuah produk TI. Bisa saja itu software & hardware. Kalau software biasanya itu lebih kepada user interface sebuah aplikasi dan logika know how bagaimana menggunakan sebuah aplikasi.

Biasanya kalau saya mengawasi pengembangan sebuah software, saya akan tracking dan jelajahi hingga sekecil-kecilnya. Misalnya saja penempatan dan atau peletakan menu, tombol drop down, baris pertanyaan, grid tabel, grafik-grafik, hingga tulisan titik, koma, bold dan italic font.

Kelihatan memang sepele, tetapi hal ini lah yang kadang kala yang kurang menjadi perhatian serius oleh pengembang produk software di tanah air terutama para new comer. Kebanyakan hanya fokus pada jalannya sebuah aplikasi dan sudah merasa puas. Padahal yang menggunakan aplikasi itu nantinya adalah pengguna awam. Sehingga kalau desain software tersebut terhenti asal bisa jalan (no error) itu belum lah cukup. Karena desain, kemudahan navigasi dan seni (art) dalam membuat user interface bagi saya memegang peranan sangat penting.

Soal perfeksionis ini mungkin Steve Jobs adalah contoh “mengerikan” dalam hal perfeksionis. Dia (Steve Jobs) sangat detil dan tanpa kompromi dalam hal ini. Bila dirasa hasil dari insinyurnya masih belum seperti standar/keinginannya, maka tidak sungkan-sungkan ia akan mencaci-maki si insinyur tersebut walaupun dia tahu anak buahnya itu sudah lembur selama seminggu dengan tingkat pressure yang sangat tinggi!

Lihatlah kehadiran iPhone yang menjadi breaktrough dalam industri telepon seluler. iPhone merevolusi pakem desain, bentuk dan tatacara menggunakan sebuah perangkat telepon seluler. Keberanian Apple yang mendesain iPhone secara simple, elegan dan menggunakan touch screen sangat mencengangkan masyarakat sehingga amat wajar bila dianugerahi Invention of the Year 2007.

Jadi, bagi pengembang produk TI yang perlu ditekankan jangan hanya bisa membuat produk semata, tapi sandingkanlah dengan desain menarik/unik, artistik dan easy to use.

Pos ini dipublikasikan di Opinion, Software, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Perfeksionis Dalam Pengembangan Produk TI

  1. antibatakislam berkata:

    main ke blog gue dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s