Asyiknya Menggunakan Wireless Presenter

Hari ini pertama kali saya menggunakan perangkat wireless presenter untuk mengajar kuliah Sistem Operasi. Perangkat yang saya gunakan adalah:

  1. HP Nokia 6600 yang sudah diinstall program Salling Clicker dan juga laptop yang sudah terinstall program tersebut.
  2. Laptop dan HP harus memiliki konesi bluetooth.
  3. Lakukan koneksi antara keduanya dengan menggunakan bluetooth, lalu HP tersebut akan bisa melakukan browse seluruh file di komputer kita.
  4. Kemudian pilih file untuk kita presentasi.
  5. Selanjutnya dengan mudah kita dapat mengendalikan presentasi tanpa harus berdekatan dengan laptop kita.

Terus terang rasanya sangat nyaman, karena perhatikan kita tidak harus berpindah-pindah dari laptop ke layar presentasi sehingga kita bisa fokus pada penyampaian dan berhadapan secara optimal dengan audience.

Tapi yang jadi agak kurang enak adalah jadi tidak bisa pegang mikropon, karena tangan kiri memegang HP, tangan kanan memegang laser pointer. Wah bagaimana nih…?

 

wirepresenter.jpg

Sebenarnya juga ada satu lagi perangkat wireless presenter yang layak dicoba. Perangkatnya sederhana, ada yang berbentuk seperti pena dan ada yang seperti remote control. Tapi teknologi yang digunakan pakai infra red (infra merah). Alat ini terdiri dari laser pointer dan tombol untuk melakukan next dan back pada slide presentasi kita. Harganya cukup terjangkau sekitar $12. Saya lihat barangnya di situs Global Source.

Kayaknya orang-orang seperti kita yang sering melakukan presentasi perlu juga nih mulai menggunakan perangkat ini…

Pos ini dipublikasikan di Education, Events, Gaya Hidup, Kuliah, Sistem Operasi, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

8 Balasan ke Asyiknya Menggunakan Wireless Presenter

  1. Digma berkata:

    Selamat pagi mas,

    Saya tertarik dengan program salling clicker yang mas gunakan untuk presentasi.
    Apakah software yang mas gunakan tsb asli?
    Jika tidak apakah mas punya keygennya?

    Terima kasih
    Digma

  2. Ardiansyah berkata:

    Saat ini sy masih yg versi trial. Semoga dalam bbrapa hari ke depan bisa beli serial numbernya sekitar US$23. Murah kan…? Sekalian mau belajar membeli program secara legal.

  3. khayat berkata:

    Pak,wireless presenter yang bapak gunakan berbasis WINDOWS ya pak ?
    Kalo pake linux bisa nggak pak ?

  4. Ardiansyah berkata:

    # khayat
    ya betul saya menggunakannya dengan Windows. Untuk Linux saya belum dapat, coba deh dicari, siapa tahu ada. Kalau gak ada, nah ini kesempatan para developer Linux untuk membuatnya.

  5. lamida berkata:

    Kalau pengguna Nokia bisa pake presenter.jar. Kalau beli Nokia 6300 sudah dibundel. Lalu di komputernya tinggal diinstal Nokia Wireless Presenter, download free di website Nokia. Tapi, sama seperti Khayat di atas, saya juga sedang mencari implementasi wireless presenter dei Linux atau yang tidak di Windows saja. Dengan menggunakan Java sebenrnya kemungkinan pengembangan tersebut sangat terbuka luas. Mudah-mudah setelah ini saya ada waktu untuk coba-coba coding aplikasi tersebut.

  6. Hamdan berkata:

    Mas keygen salling clicker yg v.3.5

  7. arifin berkata:

    untuk nokia 3230 gimna carax sy juga tertarik, mohon dibantu, ini mau pake ngajar

  8. zzzzzzz berkata:

    mas klo gw mau nambahin winamp bisa ga ato program lain gitu yg bisa d remote…thx b 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s