Kecewa Dengan Migrasi Telkom Flexi

Waktu ke Jakarta bulan Desember 2007 kemarin, saya dengan tenang membawa handset Flexi 800 Mhz saya ke Jakarta, dengan harapan aktivasi combo yang saya lakukan berhasil. Karena Telkom sudah mengumumkan bahwa wilayah Jabodetabek sukses migrasi ke frekuensi 800 Mhz, lihat juga banner iklannya di detik.com semakin membuat saya yakin.

Namun alangkah kagetnya ketika sudah tiba di Cengkareng, sinyal Flexi saya unreachable. Wah…! Bagaimana nih Flexi guyon atau apa nih!? Ya sudah saya sabar aja hingga sampai di tujuan untuk konfirmasi mengenai “bencana” yang saya alami tersebut. Setelah sampai saya langsung telepon operator 147 untuk menanyakan mengapa combo flexi saya tidak jalan. Setelah saya berikan data-data yang diminta, akhirnya saya diminta untuk me-restart HP saya. Namun setelah saya tunggu beberapa lama ternyata tetap sama saja. Akhirnya saya telepon lagi operatornya, setelah panjang lebar “curhat” dan diskusi sama mereka akhirnya ada kesimpulan bahwa kemungkinan besar kata mereka ada gangguan/side effect dari migrasi ini untuk tipe HP/kondisi tertentu. Ah, masak sih, wong HP CDMA saya saja tipe baru gitu (sayangnya saya lupa nih tipeny).

Akhirnya sebagai konsumen saya hanya bisa menerima pasrah kondisi tersebut. Namun yang pasti, setiap melihat iklan Telkomflexi di detik.com yang mengatakan sudah sukses melakukan migrasi, kegeraman dan gemas selalu muncul. Come on Telkom, be professional and take care for details…

Pos ini dipublikasikan di Events, Gaya Hidup, Opinion, Teknologi Informasi, Traveling. Tandai permalink.

2 Balasan ke Kecewa Dengan Migrasi Telkom Flexi

  1. JFRwawan berkata:

    Fuih, layanan combo flexi ternyata hanya omong besar.

    Troubleshoot-nya apalagi, kelewat kosong.

    Saya pemakai flexi 021-688xxx37 terakhir kali minta combo 14-1-08.

    Sementara saya berada di Situbondo-Jatim dan gagal minta combo via

    sms sekitar sebulan yang lalu dan beberapa kali via 147 tidak

    sukses maka saya mendatangi Plasa Telkom terdekat. Karena kesorean

    CS membantu saya untuk hubungi 147 untuk permintaan tadi

    (belakangan CS yang sama ngasih tahu kalau ada trouble sejak 2 hari

    lalu.Ini mah obrolan classy..). Dari 147 (14/1) diproses dan

    disuruh tunggu. Sampai kapan? Operator 147 yang berinisial Dwi

    menjawab dengan obrolan trendy, “Kami akan melakukan secepatnya.”
    Pukul 21-an hari itu juga 147 (Dwi) saya konfirmasi lagi dengan

    jawaban classy, “Sedang ada trouble.”

    Hari ini (15/1) kembali saya datangi CS. Sistem (sistem yang mana

    lagi?) untuk pengomboan di plasa tersebut gangguan. Minta support

    ke 147 lagi dan disuruh nunggu 15 menitan. Seperempat jam lewat

    combo belum jalan juga.”Yach gimana lagi?” kata CS, solusinya ya

    menunggu saja. Sistem pengomboan plasa ndak jalan, dukungan 147

    ndak datang-datang. Itung-itung untuk mengombo ternyata saya musti

    memproses sebulanan bahkan bisa-bisa lebih. Flexi Combo mudah? Iya,

    ketika diobrolkan saja.

    Sebulan lewat mobilitas saya tidak terdukung oleh layanan operator

    yang berjargon Commited 2 U. Tersedia layanan di ratusan kota,

    katanya. Nyatanya tak bisa mengcover area Surabaya, Malang, Madura

    dan Situbondo. Kelewat somse’ omongnya.

    Bulan-bulan sebelumnya untuk mengombo saya jarang dapat ‘sukses’

    via sms. Kalo ke 147 harus berlama-lama ngobrol detil dengan

    operatornya supaya bisa kelar, tak jarang harus mengetusi

    supervisornya. Kalau ndak gitu, mana bisa dapat layanan yang serius

    dari Telkom. Lumayan bisa diikuti progresnya kalau dengan

    bersusah-susah datangi plasa terdekat. Sayang yang terakhir –

    kemarin, mbulet juga urusannya. Flexi Combo mudah? Iya, ketika

    diobrolkan saja.

    Karena tak ada solusi dengan segera saya menolak antri diproses.

    Saya minta sebuah bukti lapor dari CS karena sudah di depan mereka

    sendiri layanan ini tidak sesuai komitmennya. Inipun tak bisa

    didapat karena yang berwenang menerbitkan adalah atasan CS. Minta

    ke atasan tak bisa saat tersebut, sang atasan sedang kunjungan ke

    kantor pemda.Sekian jam lagi, kata CS, atasan tadi akan menghubungi

    saya dan meminta saya meninggalkan nomer kontak alternatif. Kabar

    dari Surabaya, kata CS lagi, nomor saya sedang diluruskan karena

    sering dicombo. Tak jelas dan tak detil obrolan CS ini. Kira-kira

    kalau pemakai flexi ini sering atau bahkan rutin bercombo maka

    sistim layanan menjadi ‘hang’? – Flexi Combo mudah? Iya, ketika

    diobrolkan saja.

    Sampai keluhan ini saya tuliskan, belum satupun atasan CS yang

    menghubungi saya. Dan si-fleqi tetap tak mau jadi sahabat sejati.

    Alias: bo-‘ong terus…

    Jadi, ati-ati sama janji pete telkom indonesia tebeka. Meski urusan

    sertifikasi kinerjanya sudah bertumpuk. Kinerjanya sendiri tak

    lebih dari menumpuk pekerjaan.
    Jadi, telkom sendiri mesti tahu kalau jualannya ternyata mengandung

    barang busuk. Kagak bisa dimakan kalau dimakan seringnya bikin

    eneg.

    Gangguan kok permanen? Nggak becus kok dipelihara? Trouble kok

    keterusan?
    Capek.. deh,-
    ============

    Belum sempat mosting tulisan ini, dari 0338-676003 (CS Plasa

    Telkom) datang kabar kalau combo saya sudah sukses. Jadi,

    pertanyaannya sekarang bertambah. Apa musti berliku begini urusan

    mengombo flexi? Sms ke 777 masih efektif? Bantuan 147 apakah bukan

    sekedar pelengkap di matrial promo? (Terutama Hari Sabtu-Minggu,

    hari libur dan cuti bersama). Tak perlu dijawab jika sudah tak lagi

    berkoar tentang ini dan itu pada urusan flexi Combo.

    Terus terang saya sendiri siap-siap ‘neg’ lagi bila akan bercombo

    di lain waktu. Sebab harus bawa catatan alamat plasa telkom

    terdekat dalam sebuah kota dan antre di bangku ruang

    layanannya.Flexy Combo mudah? Iya, ketika diobrolkan saja.

  2. Hasanudin Sanusi berkata:

    saya pengguna flexi di Bogor, selama lebih dari 3 minggu ini flexi saya tidak bisa digunakan. saya sudah coba komplain ke 147 beberapa kali, saya disarankan untuk pergi ke telkom Pajajaran. pertama mereka mengatakan ada ganguan masal, saya masih bisa sabar, dan oleh mereka saya diberi nomor telp telkom yang lain… tapi tetap saja masih ada gangguan. minggu depannya saya datang lagi ke telkom eh malah dibilang audio vox theranya yang bermasalah…sebelumnya saya masih bisa telpon kok!!! aneh banget gak masuk akal…. malah ada seorang karyawan flexi mengatakan gangguan ini akan berlangsung sampai akhir bulan ini! gila kali ya!!! memangnya buat apa saya beli flexi? TIDAK MEMBERI KEPUASAN PADA PELANGGAN, GANGUAN KOK JADI KEBIASAAN…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s