Dua Mahzab Utama Penggemar Sepakbola

milan_first_champion.jpg

Dari interaksi selama ini dengan para supporter/tifosi sepakbola, baik untuk level liga maupun negara, saya menangkap ada dua mahzab/aliran utama dalam hal penggolongan para penggila bola, pertama aliran fans figur dan aliran fans klub/negara.

Aliran pertama ini mereka sangat mengidolakan tokoh/figur sepakbola. Saya ingat betul dulu jamannya Batistuta (batigol) masih berjaya, para penggemarnya sangat mengelu-elukannya, dan yang mendapat berkah waktu itu adalah klubnya Fiorentina & AS Roma dan otomatis negaranya Argentina. Setiap klub atau negaranya ini bertanding pasti akan mendapatkan dukungan penuh dari para penggemarnya, tapi bukan karena klubnya melainkan karena ada si Batigol ini. Tipe fans seperti ini tidak akan bisa bertahan lama, karena mereka hanya mengikuti ke mana si figur merumput. Apabila pensiun berarti mereka harus mencari figur lain, dan begitu seterusnya.

Sedangkan aliran kedua adalah penggemar sepakbola yang menjadikan klub/negara menjadi figurnya. Dan terus terang saya termasuk di aliran kedua ini. Saya sejak lama sudah mengidolakan AC Milan dan Belanda sebagai tim favorit saya. Apa bedanya kedua aliran ini? Bagi saya kalau mengidolakan klub/negara akan lebih lama (bahkan unlimited?). Sehingga walaupun sudah banyak pemain bola kelas wahid yang silih berganti main di kedua klub ini, mulai dari eranya trio Belanda (Gullit-Basten-Rijkaard), Paolo Maldini, Marcel Desaily, George Weah, Andriy Shevchenko, Edwin van Der Sar, Arjen Robben, hingga Kaka dan Pato sekarang dengan berbagai prestasi baik maupun buruk yang pernah/sedang dialami, tidak akan menyurutkan gairah dalam mendukung klub/negara yang diidolakan. Ini lah menurut saya perbedaan mendasar kedua aliran fans sepakbola tersebut. Bagaimana kalau Anda…?

Foto: Tim Pertama klub AC Milan tahun 1901.

Sumber: http://content.answers.com/main/content/wp/en-commons/thumb/6/6f/300px-Milan_first_champion.jpg

Pos ini dipublikasikan di Gaya Hidup, Opinion, Sports. Tandai permalink.

2 Balasan ke Dua Mahzab Utama Penggemar Sepakbola

  1. candra berkata:

    klub idola anda persis dengan idola saya yakni ac milan dan timnas belanda. Kok bisa ya. Bisa. saya menebak anda berusia sekitar 35 atau 40 tahun jadi ketika belanda merebut supremasi piala eropa anda masih remaja. kebetulan trio belanda akhirnya merumput di ac milan jadi klop sudah

  2. Ardiansyah berkata:

    # Candra
    he…he… tebakan Anda salah mas, usia saya hampir 30 tahun. Kalau saya tidak salah ingat saya mulai mengidolakan AC Milan dan Belanda sejak SMP kali ya… Pokoknya sejak kiper Hans van Bruekelen dan Trio Belanda di AC Milan. Kalau boleh sharing impian, impian besar saya adalah bisa menonton langsung pertandingan :
    1. AC Milan vs (Inter Milan atau Juventus atau AS Roma) langsung di San Siro
    2. Final Liga Champhions yang AC Milan menjadi main di final.
    3. Belanda di Grand Final Piala Eropa dan Dunia
    Pertanyaannya kapan? Ya semoga secepat mungkin…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s