Rahasia Kesuksesan Sistem Operasi

picture-1-797209.png
Kadang saya bertanya-tanya kenapa ya sistem operasi Windows begitu perkasa dan digdaya dan mendominasi selama ini sehingga menjadi “hajat hidup” orang banyak di seantaro dunia? Walau banyak juga yang pasti mengatakan bahwa Mac dan Linux lebih bagus, lebih aman dan lebih-lebih yang lain, tapi secara fair kita akui masyarakat kita masih “begitu setia” dengan Windows.
Baik, tulisan ini tidak saya tujukan untuk membicarakan masalah kehandalan, aspek monopoli Microsoft dan hal-hal teknis lainnya. Tapi mengapa Windows bisa menjadi produk yang sangat bersejarah? Paling tidak ada satu hal penting yang saya temukan jawabannya yaitu Microsoft fokus pada pengembangan dan penyediaan infrastruktur/platform agar aplikasi/program yang dikembangkan oleh pihak ketiga bisa berjalan baik dan mulus di seluruh sistem operasi Windows.
Lihatlah beberapa contohnya, misalnya dimulai dari aplikasi Microsoft Office yang menjadi urat nadi seluruh aktivitas operasional perkantoran sehari-hari. Bayangkan jutaan orang menggunakan aplikasi ini di platform Windows, sehingga bila kita sudah terbiasa dengan aplikasi maka secara tidak langsung kita juga pasti membutuhkan Windows terlebih dahulu. Sehingga sebenarnya Microsoft sudah meraih dua keuntungan penjualan, MS Office nya laku dan juga MS Windows juga.
Contoh lain lagi yang tidak kalah serunya adalah banyaknya aplikasi-aplikasi yang bisa dijalankan di Windows, mulai dari games, sistem informasi, driver dan aplikasi-aplikasi lainnya. Hal ini semakin membuat fokus pengembangan aplikasi akan selalu terpusat ke Windows dan Windows. Dan pundi-pundi emas dan masa keemasan Microsoft bakal tambah membumbung dengan masuknya era mobile computing di mana mereka sudah semakin mantap dengan produk Windows Mobile. Tidak heran jadinya kenapa mereka tidak begitu tertarik untuk ikut serta terjun dalam bisnis gadget untuk menyaingi Apple, karena di sinilah salah satu letak kecerdasan Microsoft yang saya tangkap dari komentar Bill Gates, bahwa mereka akan fokus pada pengembangan Windows agar pengembang aplikasi akan semakin banyak membuat aplikasi-aplikasinya di platform Windows atau Windows Mobile. Karena kata Mr. Gates lagi kesuksesan perangkat PC, notebook, gadget tidak akan terlalu mantap bila tidak disertai sistem operasi yang tangguh dan banyak aplikasi yang dapat dijalankan di dalamnya dengan pengguna yang semakin hari semakin bertambah. Ini lah key point yang bisa saya tangkap, sehingga tidak mengherankan misalnya Apple mengklaim bahwa Mac lebih bagus, lebih berkualitas dari Windows yang sudah mereka klaim sejak dulu sehingga menjadi perang klasik kedua vendor besar ini, tapi di pasaran terbukti memang Windows masih terus menjadi favorit dan mendominasi. Tinggal kita tunggu saja nasib iPhone yang sedang menjadi produk idaman saat ini dan seharusnya Steve Jobs bisa membalas Microsoft melalui kehebatan perangkat gadget ini. Karena bisa tidak mungkin perlahan tapi pasti Windows Mobile akan mengulangi kesuksesan Windows bila Apple kembali “lengah”.
Mari kita tunggu peperangan jilid II antara Mac vs Windows yang tidak kalah serunya. Wallahu’alam.
Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Entrepreneurship, Events, Fenomena, Free Software, Linux, Open Source, Opinion, Sistem Operasi, Software, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

5 Balasan ke Rahasia Kesuksesan Sistem Operasi

  1. papabonbon berkata:

    kalau buat ngeprint connectivitasnya bagusan windows. apagunanya input dan proses, kalau outputnya kedodoran🙂

  2. kill berkata:

    MAC vs Microsoft tak akan pernah usai
    Steve dan Gates akan terus berperang untuk menjadi yang terbaik

  3. dani berkata:

    mac yg propietari saja blm mampu menyaingi scr kuantitas pemakaian produk ms..
    tapi firefox yg open source mampu menyaingi kepopuleran ms ie
    keterbukaan pengguna bahwa sistem operasi/software ‘terbaik’ (relatif) bukan hanya windows, tp ada mac, bsd, linux, dll serta aplikasi open source lainnya..

  4. Ivan berkata:

    Bill Gates akan membawa windows menjadi sistem operasi komputer yang terbaik yang akan dikeluarkan awal 2010 yaitu: WiNdOwS 7

  5. brandon berkata:

    saya setuju dengan pendapat anda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s