From Labs to Market

Judul di atas terinspirasi dari situs http://www.sciencebusiness.com yang menjadi tantangan terhadap kita semua yang sehari-hari berkutat di ruang pusat pencerahan iptek atau sering disebut laboratorium. Kita pasti setuju bahwa melalui laboratorium lah hampir seluruh produk rekayasa di dunia ini muncul. Siapa yang tidak kenal Palo Alto Research Center, Bell Labs, dsb.

Khususnya saya ingin menyinggung sedikit penelitian-penelitian di perguruan tinggi di Indonesia yang notabena merupakan pusat perputaran dan pencerahan ilmu berada. Apakah “armada” ilmuwan sekaliber profesor dan doktor yang kita miliki sudah dapat melakukan perubahan besar dalam menciptakan pasar (baca: market driven) ? Atau kah hanya sebatas laporan penelitian yang berujung di perpustakaan-perpustakaan yang jarang “jarang terjamah” ataukah yang lebih ironisnya lagi, kita hanya memproduksi ilmuwan yang cuma “jago” membuat proposal tanpa ada dampak ke masyarakat secara umum dan berdampak ekonomis yang besar secara khusus? Kapankah perguruan tinggi kita tidak lagi menggantungkan pendapatannya dari iuran mahasiswa dan sepenuhnya beralih terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh penelitian-penelitian yang berasal dari kampus? Sehingga mimpi besar para perguruan tinggi untuk menjadi research university benar-benar tercapai. Kapan ya ? Mari kita tunggu tanggal mainnya…

Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Education, Entrepreneurship, Events, Fenomena, Gaya Hidup, Opinion, Penelitian, Sistem Operasi, Teknologi Informasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s