Lakshmi Mittal, Raja Baja Dari India

30032008042-kecil.jpg

Baru saja menyelesaikan membaca buku terbitan Himah berjudul Rahasia Bisnis Orang Asia Terkaya di Dunia. Siapakah dia? Dialah Lakshmi Nivas Mittal, “mantan” orang miskin dari daerah Churu, negara bagian Rajasthan, India kelahiran 15 Juni 1950. Mengapa saya tertarik membaca buku ini? Terus terang saya menilai si Mittal ini sungguh luar biasa! Karena di mampu membesarkan perusahaannya serta menjadi konglomerat terkaya nomor tiga di dunia versi majalah Forbes (2005) dengan total kekayaan sekitar US$ 32 miliar (Rp. 288 triliun!). Itu hanya dilakukannya dalam kurun waktu 30 tahun! Apanya yang unik? Coba kita lihat kebanyakan bahwa konglomerat yang merintis bisnisnya dari nol kebanyakan baru bisa dinikmati oleh anak/cucunya pada generasi kedua, ketiga dan keempat. Sangat jarang konglomerat yang muncul sebagai penguasa di bisnisnya di tingkat dunia yang dilakukan dalam satu generasi yaitu oleh pendirinya sendiri.

Selain itu, yang mengejutkan lagi, ternyata perusahaan pertama yang dirintis oleh Mittal adalah perusahaan PT Ispat Indo Surabaya yang berlokasi di mana? ya betul di Surabaya – IndonesiađŸ™‚ Nah, dari sana lah Mittal melebarkan sayap bisnisnya ke mancanegara mulai dari ISCOTT (Trinidad Tobago), Sicarsta (Mexico), Sidbec (Kanada), Karmet (Kazakhstan), Thyssen (Eropa) dan yang paling menggegerkan dunia industri baja adalah ketika Mittal mengakuisisi perusahaan baja terbesar di Eropa dan dunia yaitu Arcelor!

Pada waktu proses akuisisi tersebut suasananya sangat “panas” karena banyak menganggap ini adalah bentuk kekalahan bangsa Eropa terhadap bangsa yang selama ini dianggap terpinggir dan terbelakang yaitu Asia! Tetapi berkat kepiawaian Mittal akhirnya Arcelor yang merupakan kebanggaan orang Eropa jatuh ke kerajaan bisnisnya dengan mengubah namanya menjadi Arcelor Mittal.

Saat ini Mittal tinggal dengan penuh kebahagiaan di wilayah elit super mewah Kensington Palace Garden London, yang dibelinya dari bos Formula 1 Bernie Ecclestone seharga US$ 128 juta (Rp. 1,2 triliun!) yang banyak mengatakan adalah rumah termahal di dunia. Untuk mobilitas urusan bisnisnya yang global, Mittal biasa menggunakan kendaraan pesawat pribadinya Gulfstream 550 yang harganya di taksir sekitar hampir Rp. 500 miliar!.

Ada beberapa pelajaran dan intisari yang dapat dipelajari dari seorang Lakhsmi Mittal:

  • Berani Pindah dari Lingkungan yang tidak mendukung/kondusif untuk kemudian membangun fondasi kokoh untuk bangunan bisnis yang kuat dan besar.
    Ini sebenarnya sama dengan konsep hijrah dalam agama Islam, atau merantau dalam istilah orang dagang. Mittal tidak membesarkan bisnisnya di India, karena pada waktu berbisnis baja di India sangat tidak kondusif karena kebijakan pemerintah yang tertutup dan mengenakan pajak sangat tinggi.
  • Fokus, Tekun, Konsisten, Totalitas dan Bekerja Sepenuh Hati
    Perlu diketahui juga bahwa selama hampir 30 tahunan membesarkan bisnisnya. Mittal hanya fokus di bidang baja dan besi dan tidak jauh-jauh dari sana. Hal ini memberikan kita inspirasi bahwa fokus merupakan kekuatan yang luar biasa, karena kalau sudah fokus biasanya kita akan konsisten, total dan hati fikiran kita akan terus tercurah agar bisa mencapai target yang direncanakan.
  • Hidup Mewah Boleh Tapi Sekedar Menjaga Pergaulan
  • Tidak pernah memperolok/mencerca/mencela bangsa sendiri.
    • Walaupun Mittal sudah menjadi konglomerat di jagad ini, dan pernah merasakan bagaimana tidak kondusifnya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah India saat itu, tapi dia tetap tidak pernah mencela bangsa sendiri. Bahkan ternyata diam-diam tanpa diketahui banyak orang, di tengah kesibukannya melakukan ekspansi bisnis Mittal juga telah menanamkan investasinya di India dengan harapan ketika kebijakan bisnis baja India sudah kondusif maka akan dia langsung growing up besar-besaran yang telah ia jalankan saat ini.
  • Visi bisnis yang global.
  • Dermawan
Mungkin itu dulu yang bisa saya sharing, semoga kita dapat mengambil manfaatnya.
Pos ini dipublikasikan di Bisnis, Books, Entrepreneurship, Finance, Gaya Hidup, Praktek Bisnis. Tandai permalink.

2 Balasan ke Lakshmi Mittal, Raja Baja Dari India

  1. simbangando berkata:

    resensi yang bagus, pak. dulu saya mau beli bukunya, tapi pas ngeliat kok tipis ga jadi deh…

  2. d61103032 berkata:

    Kenalkan saya willy.
    Setuju kalau mau sukses perlu belajar dari yang dah sukses.
    untuk menjadi sukses kita perlu pembimbing, tentunya orang yang dah melewati jalan yang akan kita tempuh.
    Semangat selalu.
    http://d61103032.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s